berlawan

"Agama adalah candu rakyat"

Posted on 11:43 AM by Blog Proletar

Agama adalah candu rakyat merupakan teks Karl Marx yang paling umum dikenal sampai sekarang. Dalam teori tersebut Marx dipengaruhi oleh kritik Feuerbach terhadap agama. Salah satu karya Feuerbach adalah Das Wesen des Christentums (Hakikat Agama Kristen) yang terbit pada tahun 1841 yang menjelaskan bahwa agama timbul dari hakikat manusia itu sendiri, yaitu sifat egoismenya yang selalu ingin meraih kebahagiaan.
Dalam Tesis Feuerbach, Marx menulis: Feuerbach melebur hakekat keagamaan ke dalam hakekat kemanusiaan. Tetapi hakekat kemanusiaan bukanlah abstraksi yang terdapat pada satu-satu individu. Dalam kenyataannya ia adalah keseluruhan dari hubungan-hubungan sosial. Oleh karenanya, Feuerbach, yang tidak memasuki kritik terhadap hakekat yang nyata itu, terpaksa:

1. Mengabstraksi dari proses sejarah dan menetapkan sentimen keagamaan (Gemüt) sebagai sesuatu yang dengan sendirinya dan mengandaikan.perorangan manusia yang abstrak-yang terisolasi.

2. Karena itu, baginya hakekat kemanusiaan bisa dimengerti hanya sebagai "jenis", sebagai suatu keumuman intern yang bisu yang hanya dengan wajar mempersatukan perorangan yang banyak itu.

Marx menilai bahwa yang menciptakan agama bukanlah ke-egoisme-nya individu-individu, melainkan dari hubungan-hubungan sosial. Argumen tersebut Marx tulis dalam tesis Tentang Feuerbach pasal 7: “Oleh karenanya, Feuerbach tidak melihat bahwa "sentimen keagamaan" itu sendiri adalah hasil sosial, dan, bahwa perorangan yang abstrak yang dianalisanya nyatanya termasuk bentuk khusus dari masyarakat”
Adapun prioritas studi Marx adalah mengenai mode produksi (mode of production). Setiap mode produksi selalu ditompang oleh institusi-institusi yang menyediakan sejumlah alasaan etis bagi berlangsungnya proses produksi. Hukum dan agama adalah dua institusi dominan yang selalu menyediakan pembenaran etis terhadap sebuah eksploitasi.
Sehinga, agama hanya berisi ajaran kepada masyarakat untuk menjustifikasi penindasan yang dilakukan kaum borjuis dan menerima takdir untuk tunduk pada penguasa otokratik. Agama mencetak manusia yang tidak tahan menghadapi penderitaan dan bahaya yang mengepung dari segala penjuru, melainkan hanya dengan cara-cara negatif. Karl Marx memandang agama sebagai afion (religion is the opium), yang membius manusia dari segala perasaan kemanusiaannya, dan mengajarinya cara-cara berlindung kepada kekuatan ghaib untuk melawan kelaliman, serta menganjurkan umatnya untuk hidup bertasawuf agar dapat menolak bencana dan penderitaan secara mudah.
Agama membius kaum fakir miskin dan kaum buruh yang hidupnya penuh penderitaan oleh karena ajaran untuk menerima takdir terhadap apa yang ada serta menghibur mereka dengan janji-janji yang akan diterimanya di syurga berupa kenikmatan kemuliaan dan kesejahteraan. Adapun orang-orang yang kehidupannya didapatkan dari hasil keringat kaum fakir miskin, maka agama mengajari kepadanya agar hidup dermawan sehingga praktek kelaliman masih akan berlangsung dan tidak menjadi penghalang bagi mereka untuk masuk syurga.
Bagi Marx, Agama dinilai syarat pemutarbalikan peradaban. Untuk menekan agama yang hanya memberikan kebahagiaan yang semu, haruslah diberikan tuntutan kebahagiaan yang sejati. Agama adalah salah satu aspek tekanan jiwa. Pengakuan yang lebih jelas oleh Marx demikian:

“Agama adalah keluh kesah makhluk yang tertindas, hati nurani dari dunia yang tidak berhati, tepat sebagaimana ia adalah jiwa dari keadaan yang tidak berjiwa. Ia adalah candu rakyat.”

Sebenarnya, Marx tidak banyak menulis tentang agama sebagai ideologi, melainkan ia melihat dari perspektif sosio historiografis masyarakat yang menjadikan agama sebagai praktik pembenaran sepihak tanpa implementasi lebih lanjut dalam praktik kehidupan. Dan aforisme diatas tak lain adalah penggalan kalimat dari sekian kalimat yang membahas hakekat manusia ditengah kapitalisme kehidupan, dimana peran agama selalu menjadi pertanyaan.
Pandangan Marx tentang agama tersebut sebenarnya juga tidak terlepas dari hasil pengamatannya terhadap agama (dalam hal ini lingkungan keagamaan yang menjadi obyek pengamatan Marx adalah kaum gerejani). Sebagaimana pengalaman pahit yang terlihat oleh Marx selama hidupnya, bahwa penindasan dan penghisapan merajalela, sedangkan agama tidak berdaya sama sekali untuk menghapuskannya. Bahkan keluarga Marx sendiri adalah bagian dari korban ketidakberdayaan institusi agama dalam kemegahan Kapitalisme. Sehingga Marx sampai pada kesimpulan, bahwa semua agama demikian adanya.
Kritik Marx menemukan hal yang penting: agama adalah tanda keterasingan dalam beragama dan ungkapan keterasingan yang lebih mendalam. Tetapi agama hanyalah gejala skunder keterasingan manusia, kritik tidak boleh berhenti pada agama. Kritik agama hanya “merusak bunga-bunga khayalan pada rantai” tetapi, “bukan agar manusia membawa rantai yang tanpa khayal, tanpa harapan, melainkan ia membuang rantai dan memetik bunga yang hidup”. Sehingga menurut Marx kritik agama harus menjadi kritik masyarakat. Tanpa perjuangan untuk pembebasan sosial, kritikan terhadap agama adalah sesuatu yang tidak berguna malah bersifat negatif, kerana kritikan seperti itu hanya menyingkirkan hubungan emosi yang sangat diperlukan oleh manusia.

23 Komentar untuk ""Agama adalah candu rakyat""

.
gravatar
akhatam Says....

Yah memang begitu harusnya.. tetapi terkadang agama bukannya sebagai candu tetapi hanya sebagai status di KTP.. Salam kenal sob..

.
gravatar
Anonymous Says....

Yoi emang begitu kayaknya sekarang agama bukan sebagai alat pembebasan, tapi agama sebagai alat penindasan..
bagus sob artikelnya..
kapan2 main lah ke rumah samping..
saling berbagi ilmu dan belajar bersama... makanya hari ini perlu perubahan.. gimana sob..???
salam kenal dan ditunggu kunjungan baliknya..

.
gravatar
Anonymous Says....

hai... kok link aq ga keliatan atau ga bisa dklik diblog bos sich..???
atau janagn2 bos belum ngatur ni ya..
atau emng no follow..
agama adalah candu..
SEPAKAT 100%''
Ayo siapa lagi yang sepakat..
Klo ga sepakat silahkan didebatkan..
salam kenal sob....

.
gravatar
Anonymous Says....

wah proletar link gw mana..???
ga feir kek gini..
masa udah capek komentar link gw ga ada,,,
agama candu sich candu,,
tapi link gw mana..????
ga seru kek gini...
gw mau aduin ke bang del...
Ayo....!!!!!!!!

.
gravatar
Anonymous Says....

ni gw kunjung juga...
link gw juga udah ada hehehhehehe....
jangan dihapus ya,,,
gw juga mau komentar candu bangrt sama putau hahahah
daun ubi..
gw baget sob..
gimna sob,,
salam kenal n kunjungannya ditunggu..
http://templateblog.blogspot.com/

.
gravatar
Blog Proletar Says....

Thanks buat semuanya yang udah komentar..
maaf karena link sobat2 ga bisa dtaut balik karena kmren settingannya belum diatur..
sekarang semoga aja udah...
test dulu yow..

.
gravatar
anto. Says....

Salam balik..
kunjungan balik ditunggu..
Semoga anda senang..

.
gravatar
Blog Proletar Says....

Maff kepada semua pengunjung blog proletar yang pernah komentar sebelum ini, dikarenakan link balik nya tidak fungsi, maka dengan susah payah sya edit kembali ternyata bisa..
sekarang anda siap untuk dofollow...

.
gravatar
Anonymous Says....

agama adalah pemutus mata rantai antara hubungan manusia dengan tuhan.
agama mengajarkan manusia hidup bergolong-golongan dan pecah belah dalam komunitas yang ekslusive. Tiap masing-masing agama berbangga-bangga diri.
konflik dunia dikarenakan ajaran agama.
agama mengajarkan manusia beribadah kepada Tuhan diruang-ruang ibadah, namun pada kehidupan sehari-hari nya mereka (ummat beragama) tidak mengaplikasikan hukum-hukum Tuhan yang tertulis dalam kitab-kitab Nya. Mereka jadi Budak hukum bikinan manusia.
agama menjadikan kitab tuhan sebagai pembenaran ajaran saja padahal mereka (kaum agama) mengaplikasikan kitab diluar kitab suci. fakta nya hari ini ummat kristen lebih percaya kepada surat2 bikinan paulus, ummat Islam lebih yakin dengan kitab Hadist mereka, dan kaum yahudi dengan Talmud nya.
kesimpulan nya AGAMA = SAMPAH...

.
gravatar
Anonymous Says....

saya setujuh tuh 100%.... bebas kaya binatang 100%....

.
gravatar
Anonymous Says....

ingin belajar mesin belajarnya di sekolah mesin...ingin belajar komputer belajarnya d sekolah komputer/kursus...tapi kalau belajar membuat nyamuk bisa ga ya? bagaimana caranya ya......perlu sekolah khusus ni bagi para pemikir2 ni...kita kan sd bebas 100%....tinggal bikin aja,. mari kita manfaatkan kebebasan kita...

.
gravatar
Anonymous Says....

sampah karna kamu penganut agama komik percyanya sama komik aj si... sma dan km itu orang bingng...ga tahu jaln sampai matipun km jad orng bingung....kasian di hantui kebingungan...

.
gravatar
Taufik DwiPutra Says....

Agama sebagai candu, dimana manusia saat mendapatkan masalah yang sangat besar kemudian mengadu pada agama, dan mengharap mandapat keajaiban dari agama.. dan saat keajaiban itu tidak terjadi manusia akan menyalahkan agamanya..

.
gravatar
Anonymous Says....

Naturalnya hidup ada yg kaya dan ada yg miskin, saling membutuhkan satu sama lain. Penguasa harus bisa mengayomi dan mengatur semua pihak secara proporsional baik borjuis maupun proletar agar kehidupan berjalan harmonis. Hidup bergulir dan berkembang...misalnya yg tadinya proletar bisa berubah jadi borjuis krn punya talenta bisnis, sebaliknya yg borjuispun bisa berubah jadi proletar karena kekayaannya lenyap. Keberpihakan kpd salah satu pihak secara berlebihan dan esktrim akan menimbulkan clash social dan politik yg sudah banyak terjadi secara nyata dalam sejarah.

.
gravatar
Anonymous Says....

Logo dan lambang juga berpengaruh kepada persepsi.Kesan thd lambang palu arit dan warna merah berkonotasi keras, kasar, dan darah. Padahal maksudnya kan mewakili kaum proletar buruh (palu) dan petani (arit). Coba kalau lambangnya kapas dan padi dengan latar warna hijau maka kesannya kan jadi sejuk dan damai yah....

.
gravatar
Cara Alami Mengatasi WC Mampet Says....

informsi yang menarik dan bermanfaat sekali nih gan...
di tunggu info selanjutnya, thanks

.
gravatar
Cara Alami Mengatasi Wc Mampet Says....

ijin nyimak gan informasinya
menarik dan bermanfaat nih infonya
thanks ya, sukses terus

Silahkan tinggalkan Komentar..!!

Silahkan komentar yang sopan. dan saran buat perbaikan "blog proletar"

Cara Komentar:
1.Tulis Komentar Anda
2.Kemudian, Pilih Name/URL
Isi Nama Anda dan URL blog/wesite/facebook Anda
Kalau URL g isi pun tidak apa - apa
3.Klik "continue"
4.Kirim.

Tidak ingin ketinggalan informasi?

Setiap ada artikel baru, otomatis diinformasi- kan ke email Anda. Ketik Alamat Email Anda Disini, GRATIS

Ikuti Blog Proletar di FACEBOOK : @Proletar

Entri Populer

 
Top
http://blogproletar.blogspot.com
The articles are copyrighted to Blog proletar | About me | Informasi Proletar
Site Meter